Ilustrasi pengaruh teknologi informasi
Berkembang pesatnya teknologi informasi tidak bisa membendung aktivitas manusia untuk semakin cepat. Pengaruh teknologi informasi merambah para pebisnis untuk memperlancar dan memperluas usaha mereka. Promosi yang gencar dilakukan. Pelayanan publik makin ditingkatkan sampai kepuasan pelanggan terjamin. Ini sebagai bukti bahwa perkembangan teknologi sama halnya dengan sebuah keuntungan berlipat.

Perkembangan Teknologi Informasi

Komunikasi kabel merupakan komunikasi mutakhir saat ini. Bilamana Anda tidak plug in, maka Anda sedang bersemadi, tidak komunikatif, dan tidak eksis, walaupun Anda tengah berpidato di tengah orang banyak.
Perkembangan komunikasi memang semakin menggeliat. Jika di abad ke-17 atau 18, komunikasi dilakukan melalui kantor pos, di abad ke-20 komunikasi sudah dipengaruhi oleh teknologi. Teknologi komunikasi yang terus berkembang ini pada awalnya berupa telepon.
Kemudian mulai bergeser ke hal-hal seperti adanya radio, fax, dan tanpa melupakan jasa komunikasi yang bernama pos. Semakin bertambahnya umur, perkembangan teknologi komunikasi semakin canggih. Dari macam-macam komunikasi yang ada, kita mengenal komunikasi cyber.
Sebuah komunikasi yang ditunjang dengan kehadiran perangkat piranti lunak bernama internet dan didukung alat-alat yang memadai. Teknologi ini akhirnya bisa terlihat pada penggambaran, seperti internet, e-mail, dan lain-lainnya. Itulah teknologi komunikasi yang tergambar di dunia saat ini.
Komunikasi digambarkan dengan bahasa universal berarti adanya suatu individu atau kelompok yang mencoba memberikan informasi dengan menggunakan gagasan atau pendapat kepada seseorang atau sekelompok orang yang menerimanya. Individu atau sekelompok orang yang menerima komunikasi tersebut haruslah mengerti informasi, gagasan, atau pendapat yang diberikan oleh si pengirim komunikasi.
Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas, juga dari anak-anak sampai dewasa, internet sudah merajalela. Tersedianya fasilitas internet yang memudahkan penggunanya, membuat internet semakin banyak yang memakai.
Kemudahan memakai internet sudah terasa saat ini. Tahun-tahun sebelumnya internet sangat jarang yang memakai, hanya orang-orang tertentu saja yang memakainya, yang mempunyai jaringan internet. Harga pemasangan internet yang terlampau mahal, membuat masyarakat berpikir ulang untuk memasangnya.
Selain itu, internet hanya dapat dijumpai di tempat rental atau sering disebut warnet, warung internet. Harga sewanya pun cukup mahal. Jadi, orang yang pergi ke warnet benar-benar kebutuhan karena ada keperluan.
Bandingkan dengan saat ini. Jaringan internet tidak susah untuk ditemui. Semakin canggih peralatan teknologi, semakin memudahkan orang untuk terhubung dengan internet. Mulai dari banyaknya modem, salah satu alat yang menghubungkan jaringan internet sampai banyaknya tempat-tempat yang memasang wifi, sehingga dapat menggunakan internet secara gratis.
Tidak hanya itu saja, ponsel dengan fasilitas internet juga sudah banyak beredar di Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli ponsel yang ada fasilitas internetnya. Sekarang ini, banyak ponsel murah yang sudah dilengkapi dengan fasilitas internet, seperti ponsel bermerk.
Kemudahan mendapatkan jaringan internet membuat masyarakat Indonesia mengenal dunia internet, terutama jejaring sosial yang saat ini sangat digemari oleh penduduk dunia.
Tujuan utama adanya internet adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan berkomunikasi dan mempermudah mencari sebuah informasi. Akan tetapi, saat ini banyak penyalahgunaan internet, yang berdampak pada manusia itu sendiri.
Baru-baru ini Hollywood menciptakan visualisasi baru tubuh artificial yang dikendalikan melalui jaringan satelit menggantikan tubuh yang berbalut daging. Surrogates merupakan bentuk fisik dari kehadiran virtal sybernetik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan motto tidak ada yang terluka, hanya perbaiki saja kabel dalam tubuh Anda.
Gambaran paling ekstrem dari penguasaan tubuh sybernetic mendapatkan puncaknya melalui surrogates. Masyarakat kabel bukan lagi konsep subkultur, melainkan konsep cara berkomunikasi masyarakat masa depan.
Namun, karena masih berada dalam tahap cybernetic yang membutuhkan kendali keyboard, dibanding virtual sybernetic kelak dengan kendali pikiran. Saat ini open source masihlah terbatasi pada formula percakapan, milis, posting, chatting, untuk memperlihatkan bagaimana tubuh internet mampu bergaul sebagaimana kekuasaan alam real. 
Ditambah lagi, dalam skala metrik (motoris dan sensoris), tubuh kabel bisa memperlihatkan emosi. Melalui simbol tabelis dan menggunakan sepenuhnya ASCII  (karakter yang digunakan dalam komputer) dalam abjad yang memperlihatkan pembayangan realnya. Seperti (TT) untuk memperlihatkan emosi menangis, (XD) untuk tertawa terpingkal-pingkal (:D) tertawa (J) tersenyum, (^^) untuk berbahagia, (:P) untuk kesal dsb, disebut juga emoticons. 
Dalam skala yang sama tubuh kabel bisa memperlihatkan indera keenam (istingtif) dengan bantuan fasilitas yang dinamakan plug in/out, download/upload, dan bisa mengubah pikiran siapapun dengan media JPEG, MP3, FLV, dan penggambaran audio visual yang provokatif lainnya.  
Mengutip istilah dari Jeremy Black dalam bukunya Media Convergence or Divergence, Britain and the Continent (27:1994), masyarakat dengan budaya yang berbeda-beda, dan media dianalogikan menghadapi sebuah jalur transportasi komunikasi informasi, di mana internet memfasilitasi mobilitas masyarakat yang makin tinggi, pada sebuah 'jalan tol bebas hambatan informasi'.
Ditambahkan olehnya, penemuan teknologi komunikasi mutakhir adalah cara untuk memberikan sebuah 'jalan raya komunikasi elektronika' bagi sebuah 'bangsa yang dikabelkan', sangat mengerikan, bukan.
Intinya jika kamu ingin berbicara dan punya banyak bicara, salurkan hal itu lewat admin net. Situs jejaring sosial. Atau dengan cara blogging. Karena bagi para surrogater, seseorang dengan darah daging utuh di jalanan tidaklah menarik. Berbicara pun nyanggung karena harus tatap mata, harus sambil ngopi, traktiran, dan lainnya yang kurang keren.
Situasi sosial komunikasi langsung, face to face masih diberlakukan secara ritus. Namun, tentu saja karena namanya sudah ritus. Wajah para komunikator dan komunikatinya menjadi simbolik. Lebih palsu di banding status admin mereka di Internet. Bahkan pernah dikabarkan sebagian perusahaan besar menjadikan status facebook, sebagai bentuk penilaian kerja yang lebih terpercaya.

Pengaruh Teknologi Informasi

1. Pengaruh Teknologi Informasi di Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis hal yang banyak dicari adalah sebuah informasi cepat dan akurat. Ketinggalan informasi sama dengan ketinggalan kereta. Tidak bisa naik kereta dan harus jalan kaki. Itu sebabnya pebisnis lebih mengutamakan peng-upgrade-an sistem informasi dalam perusahaan.
Hal ini juga akan mendatangkan keuntungan dan akan makin dipercaya perusahaan tersebut di mata konsumen. Begitupun seorang konsumen bisa mengakses perkembangan terbaru dari perusahaan tersebut dengan mudah.

2. Pengaruh Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan

Tuntutan fasilitas yang berkembang dalam masyarakat menuju pada teknologi informasi. Itu sebabnya teknologi informasi butuh dikenalkan kepada peserta didik sejak dini. Ini bertujuan agar peserta didik seusai lulus sekolah, tidak kaget dengan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat.
Pengenalan teknologi informasi ini bisa dilakukan dengan pemakaian teknologi informasi di lingkungan sekolah. Lebih mengena jika dalam sebuah pembelajaran menggunakan teknologi informasi ini. Selain hasil pembelajaran yang diperkirakan baik, peserta didik bisa mengenal dan tidak takut dengan teknologi informasi. Sampai peserta didik serasa menjadi manusia utuh sesuai dengan zamannya.

3. Percepatan

Alasan percepatan sebagai pengaruh teknologi informasi ini menjadi hal yang utama. Seolah informasi menjadi secawan air di tengah gurun pasir yang panas. Siapa yang dapat, tentu yang akan beruntung. Apalagi, jika sebuah prinsip kita terapkan, makin cepat kita mendapat informasi, makin cepat dunia bisa dikuasai. Yang mendapatkan informasi, itulah yang akan menguasai dunia. Dari sini, makin jelas bahwa penting sekali sebuah informasi pada zaman sekarang ini.

4. Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Laju Aktivitas Manusia

Pengetahuan akan semakin meningkat. Tingkat pendidikan makin berkualitas. Sistem dan tingkat kemananan yang makin handal. Pembangunan yang diharapkan akan berjalan cepat dan merata. Persaingan bisnis yang sehat dan sebagainya. Jelas sekali kalau pengaruh teknologi informasi akan memberi dampak kemajuan luar biasa bagi kestabilan suatu negara.
Perlu diingat bahwa pengaruh teknologi informasi yang bersifat negatif akan terus membayang-bayangi. Oleh sebab itu, kita harus saling menjaga diri dan memanfaatkan teknologi informasi ini. Untuk kepentingan pribadi dan membahayakan orang lain ataukah untuk kebaikan bersama.
Untuk itu, dibutuhkan ketebalan pendidikan perilaku, baik formal maupun nonformal. Hal ini akan menjadi pedoman kita di masa selanjutnya bahwa perkembangan teknologi harus diikuti semaksimal mungkin.
Demikianlah informasi mengenai pengaruh teknologi informasi di dalam kehidupan manusia. Tentu saja pengaruh yang diberikan ada yang bersifat positif dan negatif. Jadi, manfaatkanlah kemajuan teknologi informasi ini untuk hal-hal yang positif. Semoga bermanfaat.